Legenda Kota Cirebon

Di posting oleh Emon Yess pada 02:31 PM, 26-Jun-12

Di: Informasi

Assallam wr wb..

Halo sobat mwb'er..
Jumpa lagi nich..
Alhamdulillah.. saya masih bisa up date lagi..
Di posthingan kali ini saya akan share tentang legenda sebuah daerah,dan daerah itu sampai sekarang masih berdiri dan menjadi kota madya,kota itu terkenal dengan sebutan kota UDANG yaitu CIREBON.

Mungkin sobat mwb'er yang ada di pulau jawa udah pada tahu/dengar nama kota itu,karena sering bolak-balik melewatinya apabila kita mau ke atau pulang dari jakarta.

Dan langsung aja..
Inilah sepenggal kisah asal usul lahirnya kota cirebon,yang terkenal dengan nama kota UDANG,atau terkenal juga dengan kota para wali.

Di pantai utara Jawa Barat ada desa nelayan kecil yang bernama Muara Jati,yang terletak di lereng kaki bukit Amparan Jati.
Muara Jati adalah pelabuhan nelayan kecil.
Penguasa kerajaan Galuh yang ibu kotanya Raja galuh menempatkan seseorang bernama Ki Geden Tapa sebagai pengurus pelabuhan (syahbandar).

Ki Geden atau Ki Gedeng adalah sebutan Nama Pejabat keraja'an masa itu.

Pelabuhan Muara Jati banyak di singgahi kapal-kapal dagang asing,di antaranya ada juga kapal dari Cina yang datang untuk berniaga dengan penduduk setempat,yang di perdagangkannya adalah rempah-rempah dan hasil laut terutama adalah terasi dan petis/cai rebon.

Kemudian Ki Gendeng Alang-alang mendirikan sebuah pemukiman di lemah wungkuk,yang letaknya kurang lebih 5 km ke arah Selatan dari Muara Jati.
Karena banyak pedangan asing dari daerah-daerah lain yang bermukim dan menetap di sana,maka daerah itu kian hari kian ramai,dan di namai dukuh Caruban yang berarti campuran,kemudian berganti Cerbon,dan kemudian menjadi Cirebon hingga sekarang.

Raja Pajajaran (Prabu Siliwanggi) mengangkat Ki Geden Alang-alang sebagai kepala pemukiman di daerah baru ini dengan gelar ki Kuwu Caruban.
Daerah yang ada di bawah pengawasan Kuwu itu,di sebelah timur di batasi oleh Kali Cipamali,di sebelah selatan di Cigugur (Kuningan),di sebelah barat di pengunungan Kromong, dan di sebelah utara di Juntinyuat (Indramayu).

Setelah Ki Gedeng Alang- alang wafat,kemudian di gantikan oleh menantunya yang bernama raden Walangsungsang (putra Prabu Siliwanggi sendiri).
Kemudian Walangsungsang di tunjuk dan di angkat sebagai Adipati Carbon dengan gelar Cakrabumi.
Kewajibannya adalah membawa upeti kepada Raja di ibu kota Rajagaluh yang berbentuk hasil bumi, akan tetapi setelah walangsungsang merasa kuat maka walangsungsang meniadakan pengiriman upeti itu,akibatnya Raja murka dan mengirim bala tentara untuk meng-infasi caruban,tetapi Cakrabumi berhasil mempertahankan nya.

Kemudian Cakrabumi memproklamasikan kemerdekaan daerahnya dan mendirikan kerajaan dengan nama Cirebon,asal kata dari Cai-rebon (bahasa sunda),(cai:ai,rebon:udang kecil),nama itu juga di ambil dari keahlian istrinya yang pandai memasak,masakan istrinya terkenal sedap karena memakai bumbu trasi/cai rebon (air udang).
Dan setelah cirebon merdeka raden walang sungsang mamakai gelar Cakrabuana.
Karena Cakrabuana telah beragama Islam dan maka keraja'annya pun kerajaan Islam,tetapi masih tetap ada hubungan dengan kerajaan Hindu Pajajaran.

Semenjak itu pelabuhan Muara Jati mulai ramai dan besar,karena bertambah nya lalu lintas perdagangan dari dan ke arah pedalaman menjual hasil bumi setempat,bahkan pelabuhan muara jati terkenal jauh sampai ke Asia Tengara.

Dari sinilah awal bangkitnya nama Cirebon hingga menjadi kota besar sampai sekarang ini.
Pangeran Cakra Buana kemudian membangun Keraton Pakungwati sekitar tahun 1430 M,yang letaknya sekarang di dalam Komplek Keraton Kasepuhan Cirebon.

Ea udah sobat mwb'er..
Kiranya cukup sekian dulu cerita yang saya suguhkan..
Kalo ada salah-salah kata, saya mohon ma'af yang sebesar-besarnya.
Maklum saya bukan super man jadi tak luput dari salah dan dosa..
Dan langsung saya akhiri..

Wa'alaikum salam wr wb..

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

33 tanggapan untuk "Legenda Kota Cirebon"

Hasan El-Malik pada 02:40 PM, 26-Jun-12

baru tahu saya soblol
cari legenda daerah lain jg soblol

Emon Yess pada 02:46 PM, 26-Jun-12

@Hasan El-Malik,
Yoi sob.. Ok kapan2 akan ane suguhkan legenda lain.

Ahmad Sidiq pada 02:52 PM, 26-Jun-12

Mantap Sob setelah kata dipisah ane langsung ngerti biggrin. Ditunggu lanjutannya...

Ripappi pada 02:54 PM, 26-Jun-12

the legend of Cirebon City biggrin

manthaap..
Kunbal ya kang..

http://rifaisoekamti.mywapblog.com

Emon Yess pada 03:29 PM, 26-Jun-12

@Ahmad Sidiq,
Thanks sob.. Hehehe..

Emon Yess pada 03:30 PM, 26-Jun-12

@Ripappi,
Yoi sob.. Thanks.

tatzumaru pada 04:19 PM, 26-Jun-12

mantap kang... ijin pake post nya buat link update!

Emon Yess pada 04:51 PM, 26-Jun-12

@tatzumaru,
Silahkan sob..

Abdul Hakim pada 06:30 PM, 26-Jun-12

sbg org cirebon sy sngat brtrima kasih krn legenda kota cirebon d share ke teman2.

Gondrong_poni™ pada 06:41 PM, 26-Jun-12

Nambah pengetahuan nih?hehe cai rebon?? Dulu nama nya? Hehe lucu
Mampir ya

right-arrow http://daunpepaya.heck.in

Yepix Al Govar s60v2 pada 07:24 PM, 26-Jun-12

kren sob post sangat brmanfat menambah pengtahuan...

Irfan Cellz™ pada 07:38 PM, 26-Jun-12

bru tau gan....

Zakin pada 08:05 PM, 26-Jun-12

yeeeah...
Sangat nasionalis...
Nice post...
Lanjut...

-=*yangyang clanspecial*=- | http://yangyang.heck.in pada 08:43 PM, 26-Jun-12

kunjungan malem , jangan lpa mampir

Emon Yess pada 09:20 PM, 26-Jun-12

@Abdul Hakim,
Sama-sama sob.. Itu udh kewajiban kita sbagai penerus generasi..
Dan daerah ane jg dulu nya masuk wilayah cirebon sob.. Tp skrng masuk ke indramayu..

Emon Yess pada 09:26 PM, 26-Jun-12

@Gondrong_poni™,
Ea sob.. Nama Cai rebon itu ama merakyat,krna nama itu nama dari hasil pangan dari penduduk stempat.. Dan rden walangsungsang sendiri kalo mencari rebon smpe ke daerah ane junti-indramayu.

Emon Yess pada 09:28 PM, 26-Jun-12

@Yepix Al Govar s60v2,
Thanks sob..

Emon Yess pada 09:32 PM, 26-Jun-12

@Irfan Cellz™,
Ea bgitu lah legenda nya sob.. Itu smua ane dapat dari brbagai sumber,ter masuk dari orang tua ku sndiri.. Krna orang tua ku amat hafal tentang mslh budaya/legenda cirebon dan indramayu..

Emon Yess pada 09:33 PM, 26-Jun-12

@Zakin,
Thanks sob..

Emon Yess pada 09:35 PM, 26-Jun-12

@-=*yangyang clanspecial*=- | http://yangyang.heck.in,
Yoi.. Makasih udh kunjungan gan.

ibnu gunar pada 10:12 PM, 26-Jun-12

kunjungan perdana
master,
artikelnya keren.
Di tngg ya
kunjungannya

http://
gunar.mywapblog.com

Emon Yess pada 10:20 PM, 26-Jun-12

@ibnu gunar,
Yoi sob.. Thanks udah kunjungan.. Jgn kwatir ane siap meluncur..

Thuiztantto pada 06:23 AM, 27-Jun-12

biggrinbiggrinbiggrin

Asep Ahya Al'ansori pada 06:47 AM, 27-Jun-12

gud sejarahnya, kota asal terasi kan ? 8)

Isnan1996 pada 07:32 AM, 27-Jun-12

kunjungan pagi gan..........mf telat razz sukses bwt blognya.biggrin

Rindra pada 08:25 AM, 27-Jun-12

nice post sobat

Emon Yess pada 09:39 AM, 27-Jun-12

@Asep Ahya Al'ansori,
Yoi..

Emon Yess pada 09:41 AM, 27-Jun-12

@Isnan1996,
Thanks sob..

Emon Yess pada 09:45 AM, 27-Jun-12

@Rindra,
Thanks sob..

Emon Yess pada 09:46 AM, 27-Jun-12

@Thuiztantto,
Hehehehe..

Fikky Frediandika pada 04:44 PM, 27-Jun-12

Wah menarik sekali artikelnya, jangan lupa mampir smile

balax-6 pada 12:46 AM, 01-Jul-12

Mantab nih, bisa buat nambah pengetahuan

Emon Yess pada 02:41 PM, 01-Jul-12

@balax-6,
Yoi sob.. Thanks.

Langgani komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)